Tak
jelas kapan pastinya kendaraan perdana di dunia ini di-launching. Yang
jelas, sejumlah dokumen menunjukkan, bahwa kendaraan pertama yang
menggunakan tenaga mesin uap dibuat pada akhir abad 18. Adalah
Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan tersebut
pada tahun 1769.
Teknologi
menuju mobil modern terus mengalami perkembangan. Peningkatan mesin uap
paling dikenal dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society.
Di kota ini, mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada
tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester. Kemudian, paten mobil
pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789. Pada
tahun 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya di AS, yang juga
merupakan kendaraan amfibi pertama yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup
jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.
Nah,
Nikolaus August Otto adalah penemu Jerman yang pada tahun 1876
menciptakan mesin dengan empat dorongan pembakaran. Pembakaran bagian
dalam mesin merupakan suatu hasil pemikiran yang cermat dan ini dipakai
untuk penggunaan dalam gerakan mesin mobil. Banyak percobaan dilakukan
membuat mobil sebelum Otto menciptakan mesinnya. Beberapa penemu seperti
Siegfried Marcus, Etienne Lenoir dan Nicolas Joseph Cugnot, telah
berhasil membikin model yang bisa bergerak. Sayangnya, akibat kekurangan
dalam mengkombinasikan antara keringanan dan kecepatan, tak satu pun
model itu punya arti praktis untuk digunakan.
Dalam
jangka waktu lima belas tahun sejak Otto menciptakan mesin dengan empat
dorongan pembakaran, muncul dua penemu yang berbeda-beda, yakni Karl
Benz dan Gottlieb Daimler. Hebatnya,
mereka mulai menciptakan mobil yang praktis dan laku di pasar. Umumnya
mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat
hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara
terpisah. Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim dan Gottlieb Daimler
dan Wilhelm Maybach di Stuttgart. Mesin Otto digunakan oleh pelopor mobil Gottlieb Daimler dan Karl Benz.
Gottlieb
Wilhelm Daimler yang terlahir tanggal 17 Maret 1834 adalah seorang
insinyur Jerman yang membuat mobil pertama, bersama dengan Carl
Friedrich Benz. Pada tahun 1882 Gottlieb Daimler memisahkan diri dari
perusahaan karena dia mengambil keputusan mau memprodusi sepeda motor.
Sejarah juga mencatat, kasus kecelakaan mobil hampir sama tua dengan usia mobil itu sendiri. Joseph Cugnot
menabrak mobil tenaga-uapnya Fardier dengan tembok pada 1770. Setiap
tahun menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, lebih dari sejuta orang tewas
dan sekitar 50 juta orang terluka dalam lalu lintas. Penyebab utama
kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam pengaruh obat, lalai,
terlalu lelah, bahaya di jalan lainnya. Mungkin inilah yang menjadi
salah satu sumber inspirasi manusia untuk melakukan modifikasi dan
inovasi mobil selama bertahun-tahun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar